Tips Langsing Alami Setelah Melahirkan

Ketika hamil, ibu banyak mengalami perubahan fisik, seperti kenaikan berat badan dengan angka yang cukup signifikan. Tak pelak membuat para perempuan yang sebelum hamil telah berusaha untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal menjadi merasa khawatir. Maka dari itulah tidak heran jika banyak perempuan yang terobsesi untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh ideal dengan menjalani semacan progam untuk bisa langsing setelah melahirkan. Ketika perempuan telah menjadi seorang ibu, tidak hanya penampilan saja yang harus diperhatikan tapi juga harus menjaga kesehatan dan juga ASI eksklusif untuk bayi yang baru dilahairkannya.

Terdapat banyak hal yang mempengaruhi kegemukan pada wanita setelah melahirkan, mulai dari pola makan yang berubah, sedikit bergerak sampai permasalah hormon. Seakan sangat sulit untuk menghindari bertambahnya berat badan setelah melahirkan. Perlu diperhatikan, jangan melakukan diet atau latihan sesaat setelah melahirkan. Berikan tubuh waktu untuk bisa memulihkan kondisinya terlebih dahulu. Diet yang terlalu ketat dan latihan yang berat justru dapat membahayakan ibu dan bayi.

Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan, baik secara medis maupun secara alami. Berikut adalah beberapa cara langsing alami setelah melahirkan, yaitu sebagai berikut :


Atur Pola Makan Setelah Melahrkan

Setelah melahirkan, tentu ibu harus memberikan ASI kepada bayi. Maka dari itu, ibu tidak disarankan untuk mengurangi porsi makan, namun ibu harus tetap memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi memiliki gizi yang bagus dan memiliki banyak protein tapi tidak mengandung lemak yang menyebabkan kegemukan.

Olahraga Ringan Secara Teratur

Olahraga rutin dan teratur sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Olahraga sudah tentu dapat membakar kalori dan penumpukan lemak dalam tubuh. Olahraga yang dapat dilakukan seperti berjalan


Makan Dalam Porsi Kecil Namun Sering

Makan sebanyak 5-6 kali sehari dalam porsi kecil dapat merangsang tubuh untuk membakar kaklori lebih sering yang pada akhirnya dapat mempercepat metabolisme tubuh secara bertahap, sehingga adan lebih cepat langsing dan sehat. Selain itu konsumsilah makanan yang kaya akan serat dan nutrisi yang seimbang. Sertakan juga cemilan sehat yang mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal, seperti buah zaitu, kacang-kacangan (walnut, almond, dan pine nut) karena memiliki fungsi yang sangat baik dalam membakar lemak perut.

Istirahat Yang Cukup

Salah satu penelitian medis menyatakan bahwa tubuh yang dalam keadaan terlalu lelah dan kurang tidur akan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, sehingga tubuh lebih cenderung numpuk lemak dari makanan. Selalu usahakan untuk tidur minimal 6-8 jam perhari.


Memberikan ASI Secara Eksklusif

Pemberian ASI secara eksklusif sangat disarankan bagi semua ibu, selain memberikan kebaikan bagi bayi, memberikan ASI secara eksklusif juga bisa membantu menurunkan berta badan ibu setelah melahirkan. Karena dengan menyusui, ibu setiap harinya telah mengurangi kalori dalam tubuh sebanyak 5.000 kalori.


Disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur karena biasanya ibu yang baru melahirkan membutuhkan asupan gizi yang tinggi untuk menyusui. Selain sehat, sering mengonsumsi buah dan sayur juga akan menjaga tubuh tetap langsing. Serta untuk memperkecil resiko yang mungkin terjadi, sebaiknya ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukannya untuk memastikan kondisi tubuh ibu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar