Diet Golongan Darah B Untuk Menurunkan Berat Badan

Pada saat ini banyak orang yang berusaha keras untuk menurunkan ataupun mempertahankan berat badannya agar tetap ideal. Banyak cara yang mereka tempuh untuk menurunkan berat badan, mulai dari diet hingga melakukan olahraga. tapi kini ada salah satu cara menurunkan berat badan yang diyakini efektif untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan melakukan diet golongan darah. Diet golongan darah pertama kakli diperkenalkan oleh Dokter Peter J. D'adamo N.D. dengan penelitiannya serta bukunya yang berjudul "The eat Right 4 Your type" sejak tahun 1996 di Amerika. Menurut diet golongan darah apabila kita melakukannya dengan tepat berdasarkan golongan darah masing-masing maka akan menghasilkan hasil yang efektif dan sebaliknya terutama bagi mereka yang bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Seperti yang kita ketahui bahwa golongan darah manusi adibagi menjadi 4 golongan, yaitu golongan darah O, A, B dan AB. Namun, yang akan dibahas terlebih dahulu yaitu diet golongan darah B. golongan darah B merupakan golongand arah yang universal. Orang dengan golongan darah B  tidak begitu bermasalah mengenai makanan karena mereka boleh mengonsumsi makanan apa saja. Selain itu, golongan darah ini juga bukan termasuk jenis darah yang langka serta banyak pantangan. Bagi Anda yang memiliki golongandarah B dan ingin melakukan diet, sebaiknya mulai memperbanyak makanna berprotein dan mengonsumsi sedikit produk susu, misalnya keju. Selain itu sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi udang, jagung, daging ayam.

Berikut merupakan makanan yang tepat dimasukkan kedalam menu diet golongan darah B, yaitu :

Daging

Pemilik golongan darah B berbeda dengan pemilik golongan darah A, karena pemilik golongan darah B tidak dianjurkan untuk menghindari daging. Hanya saja Anda memang sebaiknya mengurangi porsi daging ayam, daging jenis lainnya juga masih bisa untuk dikonsumsi, namun sebaiknya porsinya lebih dibatasi. Daging yang dianjurkan dan bermanfaat untuk golongan darah B diantaranya yaitu daging kambing, unggas, daging domba, dan daging kelinci. 


Makanan Laut (Seafood)
Jika makanan laut merupakan salah satu jenis makanan yang kurang baik dokonsumsi oleh pemilik golongan darah A, namun justru sebaliknya dengan pemilik golongan darah B justru dianjurkan untuk mengonsumsinya. Ikan sarden, ikan lidah, ikan salem, dan telur ikan sangat baik untuk dimasukkan dalam menu diet.



Makanan Berprotein

Golongan darah B sangat bagus jika mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan hanya sedikit konsumsi produk susu. Makanan yang kaya akan protein diantaranya adalah tempe, tahu dan telur. Produk susu yang disarankan dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit adalah susu kambing, yoghurt, susu sapi, keju kambing, keju mozarella, keju india, kefir, dan keju cottage.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kedelai, kacang hijau, kacang tanah, dan sebagainya dianjurkan bagi Anda yang memiliki golongan darah B. Selain itu, kue beras, kenari hitam, oatmeal, dan bubur gandum juga baik untuk kesehatan.

Buah dan Sayur

Beberapa jenis buah dan sayur yang baik untuk dikonsumsi dalam diet golongan darah B diantaranya kecambah, bit, kembang kol, wortel, kubis, brokoli, pepaya, nanas, plum, pisang dan anggur.

Bumbu Masak

 Untuk bumbu masak yang disarankan dan baik untuk kesehatan yaitu minyak zaitun, bubuk cabai serta bumbu kari. Sedangkan herbal yang sebaiknya dikonsumsi adalah jahe, gingseng, peppermint, dan teh hijau.

 
Selain terdapat makanan yang disarankan untuk dikonsumsi ketika menjalankan diet golongan darah B, terdapat pula makanan yang disarankan untuk dihindari atau dilarang dikonsumsi ketika melakukan diet, diantaranya :


  • Minuman beralkohol, es krim, dan air soda
  • Daging ayam, angsa, bebk, kuda dan babi
  • Gurita, lobster, belut dan kepiting
  • Telur bebek, telur puyuh, dan telur angsa
  • Jagung, delima, waluh, tomat dangandum
  • Kelapa atua santan

Anda harus benar-benar memperhatikan menu makanan yang akan dikonsumsi ketika menjalankan diet. Selain memperhatikan menu diet sehat, diet golongan darah B juga sebaiknya melakukan olahraga yang sesuai dengan golongan darah masing-masing, dan olahraga yang tepat dilakukan bagi para pemilik golongan darah B adalah dengan melakukan olahraga dengan aktifitas fisik modearat, misalnya berjalan kaki ayau berenang. Selain olahraga, balet dan menari juga baik untuk golongan darah B.

Tidak sulit bukan ? Jika kita melakukannya dengan konsisten dan memiliki komitmen yang kuat, maka tidak akan ada kesulitan didalam melakukannya. Kita juga harus disiplin dalam menjalankannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar