Mencegah Berat Badan Berlebih Saat Hamil

Mencegah Berat Badan Berlebih Saat Hamil,- Pada saat hamil memang para ibu menjadi lebih  banyak makan, padahal kondisi tersebut sangat  tidak baik dan dapat memicu terjadinya obesitas  yagn dapat membahaykan ibu dan juga janin  yang dikandung. Selain itu juga kenaikan berat  badan pada masa kehamilan dapat  menyebabkan ibu stress pasca melahirkan,  karena  ibu membutuhkan waktu yang cukup  lama untuk mengembalikan berat badan seperti  semula dibandingkan dengan ibu hamil yang  kenaikan berat badannya normal. Para ibu  harus menjaga berat badan baik sebelum  ataupun pada saat kehamilan, karena ibu yang  mengalami obesitas beresiko lebih besar  mengalami komplikasi pada saat proses  melahirkan. Serta obesitas pada ibu hamil  cenderung membuat anak yang dikandung lahir  dengan berat badan berlebih yang nantinya  dapat meningkatkan resiko obesitas dan  penyakit kronis dikemudian hari.

Menurut sebuah penelitian yang baru  menyebutkan bahwa pola makan sehat  dan menghindari makan berlebih selama  kehamilan dapat membantu mencegah  kenaikan berat badan pada ibu dan janin yang  dikandungnya. Pada kenyataannya seorang ibu  hanya membutuhkan tambahan kalori sekitar  300 kalori perhari untuk bisa memnuhi gizi dari  si bayi yang belum lahir. Apabila ibu ingin  mencegah terjadinya obesitas, maka sebaiknya  pola makan ibu hamil mengandung makanan  yang padat gizi, seperti buah-buahan, kacang- kacangan, telur, serta biji-bijian. Namun, pada  umumnya ibu hamil sulit untuk berhenti  mengunyah, ibu dapat mengganti cemilannya  dengan yoghurt dengan buah segar, kacang  dengan kismis, buah segar, baby wortel, keju  dan cracker gandum, serta telur rebus.

Ada beberapa tips yang dapat ibu hamil lakukan  untuk mencegah berat badan berlebih saat hamil,  diantaranya :
  1. Menghitung indeks masa tubuh. Dengan  mengetahui nilai BMI (Body Mass Indeks) ibu  dapat mengetahui jumlah berat badan selama  hamil. Hal tersebut dapat menjadi salah satu  cara untuk memonitor berat badan apakan  masih normal atau sudah berlebih.
  2. Hindari produk-produk yang bersifat daging  olahan yang banyak mengandung lemak,  seperti bakso, sosis, atau kornet. Sert apilihlah  produk makanan yang mengandung rendah  lemak, seperti susu skim, susu rendah lemak,  yoghurt, atau keju rendah lemak.
  3. Perbanyak konsumsi mkanan sehat, seperti  sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan  salmon, telur dan lain-lain.
  4. Hindari cemilan karena cemilan mengandung  kalori yang cukup tinggi, bahkan cenderung  memiliki gizi yang kurang namun mengandung  kadar gula dan garam yang tinggi.
  5. Rajin berolahraga sesuai kehamilan. Pada saat  hamil ibu dapat melakukan olahraga yang  aman untuk kehamilan, misalnya senam hamil,  berenang, dan berjalan kaki.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan  mencegah berat badan berlebih saat hamil.  Semoga bermanfaat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar