Masalah Berat Badan Berlebih

Masalah Berat Badan Berlebih,-  Memiliki berat badan yang ideal  merupakan keinginan semua orang,  apalagi bagi seseorang yang memiliki  berat badan berlebih. Masalah berat  badan adalah salah satu ancaman  yang cukup besar, terutama bagi  seorang wanita. Mereka akan  melakukan berbagai cara untuk  mendapatkan berat badan yang ideal,  walaupun harus mengeluarkan cukup  banyak uang untuk itu.

Kegemukan (Obesitas)

 

Kegemukan atau obesitas merupakan  seatu kondisi medis yang berupa  kelebihan lemak tubuh yang  terakumulasi sedemikian rupa,  sehingga menimbulkan dampak  negatif yang dapat merugikan bagi  kesehatan yang kemudian  menurunkan harapan hidup dan/atua  meningkatkan masalah kesehatan.  Kegemukan adalah penyebab kematian  yang dapat dicegah paling utama  didunia, sehingga pihak bersenang  menganggap kegemukan sebagai salah  satu masalah kesehatan masyarakat  yang paling serius pada abad 21.


Masalah berat badan berlebih  dapat  meningkatkan peluang terjadinya  berbagai macam penyakit, seperti  penyakit jantung, diabetes tipe 2, apnea  tidur obstruktif, kanker tertentu,  osteoartritis dan asma. Kegemukan  sering disebabkan oleh kombinasi  antara kelebihan asupan energi makan  dan kurangnya aktifitas fisik. Sebagian  kecil kasus umunya disebabkan oleh  faktor genetik, alasan medis tertentu,  atau penyakit kejiwaan. Sebalikny  apada manyarakat, laju kegemukan  yang meningkat kemungkinan  disebabkan oleh mudahnya  mendapatkan makanan dan  banyaknya jumlah makanan yang  enak untuk dikonsumsi, meningkatnya  ketergantungan pada mobil,  danmeningkatnya penggunaan mesin  untuk proses produksi.

Berikut beberapa faktor yang dapat  menyebabkan keemukan, diantaranya  :

Pola Makan
Sebagian besar kelebihan energi  makanan ini berasal dari  meningkatnya konsumsi karbohidrat  dan bukan dari konsumsi lemak.  Sumber utama karbohidrat berlebih ini  berasal dari minuman manis yang saat  ini mencapai hampir 25% energi  makanan harian dewasa muda di  Amerika. Konsumsi minuman manis  dipercaya sebagai penyumbang  naiknya angka kegemukan.
Seiring dengan meningkatnya  ketergantungan masyarakat pada  makanan yang padat energi, berporsi  besar, dan cepat saji, hubungan antara  konsumsi makanan cepat saji dan  kegemukan menjadi semakin  mendapat perhatian.

Kurangnya Aktifitas Fisik
Kurangnya aktifitas fisik memiliki  peran yang penting dalam kasus  kegemukan. Diseluruh dunia terjadi  kecenderungan pergeseran pekerjaan  yang menuntut aktivitas fisik yang  lebih sedikit. Hal tersebut disebabkan  oleh adanya pertambahan penggunaan  transportasi mekanin dan  bertamahnya teknologi hemat tenaga  fisik yang ada dilinkungan sekitar, baik  dirumah maupun ditempat kerja.

Faktor Keturunan (Genetik)
Seperti halnya beberap ajenis penyakit  lainnya, kegemukan juga merupakan  hasil perpaduan antara faktor genetik  dan lingkungan.

Penyakit Lain
Penyakit fisik dan mental tertentu serta  obat-obatan yang digunakan untuk  menanganinya dapat meningkatkan  resiko kegemukan. Pengobatan  tertentu dapat menyebabkan naiknya  berat badan dan perubahan pada  komposisi tubuh yang meliputi insulin,  sulfonilurea, thiazolidinedione,  antipsikotik atipikal, antidepresan,  steroid, beberapa bentuk kontrasepsi  hormonal, dan lain sebagainya.

Selain beresiko terhadap terserangnya  penyakit, masalah berat badan berlebih juga  dapat menurunkan rasa percaya diri  penderitanya, sehingga kemungkinan  adanya kesulitan untuk menjalin  komunikasi dengan seseorang yang  benar-benar belum dikenalnya.

Yang paling terpenting adalah  melakukan pencegahan terhadap  masalah berat badan berlebih dengan  melakukan beberapa hal seperti  sarapan secara teratur, menimbang  berat badan secara teratur, berolahraga  setidaknya 1 jam setiap hari, dan  mengonsumsi makanan yang rendah  lemak dipercaya dapat membantu  untuk mengatasi dan mengatur berat  badan seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar