Tips Menurunkan Berat Badan Untuk Penderita Maag

Tips Menurunkan Berat Badan Untuk Penderita Maag,-  Melakukan diet bukanlah merupakan suatu perkara yang  mudah. Demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal,  banyak orang termasuk para penderita maag yang rela  melakukan berbagai hal, seperti diet. Namun, didalam  menjalankan dietnya, Tidak jarang para penderita maag  merasa khawatir dan gagal melakukan diet karena asam  lambungnya naik.

Sebenarnya penderita maag juga tetap dapat  menjalankan program diet sehat, bahkan program ini  dapat membantu mengatasi masalah lambung dan  pencernaan yang dialami, sekaligus menjaga berat  badan yang ideal.

Program Diet Bagi Penderita Maag


Impian untuk memiliki bentuk bentuk tubuh yang ideal  bagi para penderita kelebihan berat badan dengan  penyakit maag atau yang pernah mengidap penyakit maag  sering menjadi hambatan untuk melakukan diet,  sehingga sering dari mereka yang batal atau gagal  dalam melakukannya. Hambatan bagi mereka yang paling  besar yaitu kekhawatiran penderita akan penyakitnya  yang akan kambuh kembali jika melakukan diet.  Sebenarnya kekhawatiran itu tidak akan terjadi jika  para penderita tahu dan mengerti bagaimana cara diet  yang benar dan aman bagi penderita maag.

Untuk menanamkan program diet bagi penderita maag  perlu memperhatikan asupan dan juga pola makan. Hal  tersebut bertujuan agar tidak memperparah penyakit  maag yang diderita, terutama saat mengonsumsi makanan  yang memicu produksi asam lambung meningkat.Terdapat  beberapa makanan yang tidak dianjurkan bagi para  penderita maag, diantaranya seperti keju, makanan  pedas, gorengan, kopi, dan durian.

Bagi para penderita maag yang ingin melakukan program  diet penurunan berat badan dapat mengikuti beberapa  tips menurunkan berat badan untuk penderita maag berikut :

Mengatur Pola Makan

Agar tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya  setiap saat, maka makan secara teratur sangan  diwajibkan ketika menjalankan diet.PAstikan jadwal  makan teratur, jangan sampai perut dalam keadaan  kosong dalam waktu yang lama. Makanlah dengan jarak 3  jam sekali dalam porsi yang kecil. Agar diet dapat  berjalan dengan baik, pastikan asupan makanan yang  dikonsumsi merupakan makanan yang sehat dengan  kandungan nutrisi yang seimbang.



Jalani Diet Secara Bertahap

Sebaiknya diet pada penderita maag tidak dilakukan  untuk waktu yang cepat dan diporsir terlalu besar.  Disarankan untuk menurunkan berat badan secara  bertahap, sehingga tidak mengagetkan sistem  pencernaan penderita. Penderita maag harus mengetahui  terlebih dahulu sampai sejauh mana ia mampu melakukan  diet pada tahap awal. Jika maag kambuh, kama program  diet dapat dihentikan terlebih dahulu sampai keadaan  lambung baik dan dapat dilanjutkan kembali. Lakukan  hal tersebut sampai lambung merasa sudah terbiasa.  Dengan cara seperti itu program diet dapatt dijalani  dengan baik.

Konsumsi Air Putih Dengan Cukup

Selain menghilangkan rasa haus, air putih juga dapat  membantu dalam proses diet. Karena sifat air putih  dapat mengenyangkan, makan air putih ini dapat  digunakan untuk mengisi perut yang kosong untuk  sementara sehingga meskipun dikonsumsi dalam jumlah  yang banyak tidak mengakibatkan kenaikan berat badan.  Air putih berfungsi sebagaipendukung detoksifikasi  tubuh, sehingga timbunanracun didalam tubuh lebih  mudak dikeluarkan baik melalui keringat, urin atau  feses. Selain itu juga konsumsi air putih sangat  disarankan sebelum menyantap makanan. Tujuannya agar  perut terasa lebih kenyang, sehingga tidakmengonsumsi  makanan secara berlebihan.

Olahraga Secara Teratur

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, maka  dari itu banyak sekali keuntungan dari olahraga yang  bisa dirasakan. Jadi, selain mengatur pola makan juga  harus diimbangi dengan olahraga secara teratur.  Olahraga dapat membakar timbunanlemak jahat dala  tubuh yang dapat mengakibatkan seseorang menderita  kegemukan. Lemak  jahat sangat mudah menumpuk  dibagian perut karena letaknya yang berdekatan dengan  usus. Sehingga sangat wajar bila bagian ini lebih  sulit dikecilkan daripada bagian lainnya, seperti  paha, lengan dan lain sebagainya.

Mengurangi Pemicu Maag

Ketika menjalankan program diet disarankan untuk  menghidari asupan makanan ataupun minuman yang dapat  memicu terjadinya peningkatan asam lambung. Sangat  penting untuk menghidari minuman yang mengandung  kafein dan soda (seperti kopi, minuman kaleng yang  mengandung soda, capuccino, dll), makanan berlemak  (misalnya gorengan), makanan yang terlalu pedas,  keju, durian, dan lain-lain.

Semoga tips menurunkan berat badan untuk penderita maag tersebut dapat bermanfaat dan dapat membantu menurunkan berat badan hingga mencapai ukuran yang diinginkan serta tidak memperparah penyakit maag yang diderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar